diskominfo@tubankab.go.id (0356) 8832697

Cek Hoaks atau Fakta ?

masukkan kata kunci anda.

[Hoaks]_Jasa Mengubah Tagihan Listrik 900VA Menjadi Bersubsidi Beredar di Facebook

  • Hoaks

Kronologi:

Beredar di media sosial Facebook, sebuah unggahan yang menawarkan jasa mengubah tagihan listrik khusus untuk rumah tangga dengan daya listrik 900VA. Unggahan tersebut menarasikan bahwa rumah tangga dengan kriteria daya listrik tersebut dapat diubah statusnya dari R1M Non Subsidi menjadi R1 Bersubsidi.

 

Penjelasan:

Berdasarkan klarifikasi Tim Klinik Hoaks Diskominfo SP Tuban kepada PT. PLN melalui Direct Message di akun Instagram resmi @pln_id. Hasil klarifikasi tersebut menyebutkan bahwa subsidi listrik diberikan oleh pemerintah kepada pelanggan tarif rumah tangga dengan daya 450VA atau 900VA yang NIK-nya telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Untuk pengecekan, masyarakat diarahkan untuk mengakses situs cekbansos.kemensos.go.id. Lebih lanjut, masyarakat dapat kantor kelurahan atau kecamatan, dan juga mendaftar melalui situs resmi subsidi.djk.esdm.go.id.

Terkait hal tersebut, tim Klinik Hoaks Diskominfo SP Tuban mengimbau masyarakat untuk melakukan pendaftaran secara resmi untuk menghindari praktik kejahatan siber seperti pencurian NIK, Kartu Keluarga, dan dokumen pribadi lainnya.

Permohonan Klarifikasi

Kirimkan detail informasi yang kamu dapat, akan kami bantu cari klarifikasinya dalam 1x24 jam.