diskominfo@tubankab.go.id (0356) 8832697

Cek Hoaks atau Fakta ?

masukkan kata kunci anda.

[Hoaks]_ Informasi Pendaftaran Bantuan Sosial dari Kementerian Sosial

  • Hoaks

KRONOLOGI

Beredar di berbagai media sosial, sebuah informasi pendaftaran bantuan sosial dari Kementerian Sosial melalui tautan http://bansos.press/ Setelahnya, pendaftar diminta untuk login dengan mengisikan data pribadi, menyertakan nomor HP, dan masuk dalam sebuah forum.

 

PENJELASAN

Setelah ditelusuri, informasi dan website tersebut adalah HOAKS. Pada laman resmi Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) dan Instagram resminya @kemensosri menyatakan bahwa Kemensos tidak pernah membuat situs ataupun tautan terkait pendaftaran maupun pencairan bantuan sosial.

Faktanya, adapun penerima bantuan sosial PKH adalah masyarakat yang telah terdaftar ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan pemerintah daerah atau mengajukan diri melalui Aplikasi Cek Bansos.

Informasi tersebut kasusnya serupa dengan Kementerian Sosial (Kemensos) menyebut Kemensos tidak pernah membuat website ataupun tautan yang membuka pendaftaran untuk Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 2.

Adapun cara untuk mengecek kepesertaan maupun penerima Bansos dapat dilihat melalui https://cekbansos.kemensos.go.id/  atau Aplikasi Cek Bansos di ponsel Android.

Permohonan Klarifikasi

Kirimkan detail informasi yang kamu dapat, akan kami bantu cari klarifikasinya dalam 1x24 jam.