diskominfo@tubankab.go.id (0356) 8832697

Cek Hoaks atau Fakta ?

masukkan kata kunci anda.

Hoaks : Pesan Siar Pj Bupati Brebes Diklaim Terkena Cacar Monyet

  • Hoaks

Kronologi:

Beredar pesan siar (broadcast) di grup WhatsApp (WA) wilayah Kabupaten Tuban, yang menyebutkan bahwa Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar terjangkit Monkey Pox (Mpox) atau cacar monyet. 

 

Penjelasan:

Berdasarkan hasil penelusuran dari tim Klinik Hoaks Diskominfo SP Tuban, unggahan yang mengklaim bahwa Bupati Brebes terinfeksi virus cacar monyet (Monkeypox) terbukti sebagai informasi yang tidak benar. Klarifikasi tersebut disampaikan melalui rilis resmi di situs Pemerintah Kabupaten Brebes (brebeskab.go.id) dengan judul “Tersebar Hoax Pj Bupati Brebes Terjangkit Monkeypox”. Dalam rilis tersebut, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik, Tatag Koes Adianto, menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

Meski demikian, berdasarkan informasi dari situs sehatnegeriku.kemkes.go.id yang diakses pada Jumat (13/9), Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr. Yudhi Pramono, MARS, tetap mengingatkan masyarakat untuk terus waspada terhadap penyakit Monkey Pox. Ia menekankan pentingnya menjaga perilaku hidup bersih dan sehat sebagai langkah pencegahan utama. Masyarakat diminta untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan guna mengurangi risiko penyebaran penyakit tersebut.

Permohonan Klarifikasi

Kirimkan detail informasi yang kamu dapat, akan kami bantu cari klarifikasinya dalam 1x24 jam.